JAWABAN TUGAS 1
IDIK4010 “ KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
HALAMAN 1.13
1.
Anda akan mengajarkan topik ukuran kepada siswa dikelas anda yang
berjumlah 40 orang. Media apa yang paling tepat untuk membelajarkan siswa? Berikan
urutan proses pembelajaran yang anda rancang untuk dalam mengajarkan topik
tersebut?
Jawaban
Saya akan menggunakan media pembelajaran “”Tangga Pintar (Smart Stair),
dan timbangan” untuk pembelajaran Pengukuran Berat.
Media Tangga Pintar merupakan media yang dibuat menyerupai tangga
berbentuk 3 dimensi. Jonkenedi (2017) media tiga dimensi merupakan media yang
cocok untuk meningkatkan keaktifan siswa karena penyajiannya konkret dan
menghindari verbalisme, sehingga peserta didik akan aktif dalam proses
pembelajaran.
Proses Pembelajran
1)
Guru terlebih dahulu menjelaskan rencana dan tujuan kegiatan
pembelajaran.
2)
Kemudian guru menjelaskan tentang konsep konversi satuan berat kepada
siswa.
3)
Siswa menimbang berat badan menggunakan timbangan berat badan.
4)
Setelah melakukan penimbangan berat badan, siswa ditanya berapa berat
badannya. Tentunya mereka akan menjawab sesuai dengan beratnya masingmasing
dengan melihat satuan (kg).
5)
Guru bertanya jawab dengan siswa.
6)
Anak-anak kita tadi sudah menimbang untuk, kira-kira itu untuk
mengetahui apa? Apa satuan untuk menyatakan berat tadi? Dengan demikian siswa
telah mengonstruksi pengetahuannya sendiri bahwa satuan dari berat adalah (kg).
7)
Selanjutnya guru menjelaskan cara menggunakan timbangan kue dengan
menimbang beberapa kemasan barang dengan merk tertentu yang telah disiapkan
seperti margarine, tepung terigu, dan taburan coklat untuk roti.
8)
Untuk memastikan bahwa siswa telah paham cara menggunakan timbangan,
guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan meminta beberapa siswa
mendemostrasikan cara menimbang dan melihat ukuran berat secara langsung yang
ditunjukkan oleh timbangan kue. tepung terigu 1 kg, margarine 200 gram, dan
taburan coklat 100 gram).
9)
Karena banyak timbangan yang ada terbatas (2 buah), setiap kelompok
bergantian untuk menggunakan timbangan sedangkan kelompok lain yang belum
mendapat giliran diminta untuk memperhatikan kelompok yang sedang menimbang..
Siswa menyelidiki hubungan satuan berat gram dan kilogram. Aktivitas yang
dimaksud adalah mengurutkan benda-benda berdasarkan ukuran berat dari yang
paling berat ke yang paling ringan dan menemukan hubungan kg dan gram.
10) Siswa mengamati perbedaan satuan berat yang
ada pada timbangan. Setelah itu guru mengenalkan kepada siswa terkait dengan
satuan-satuan berat yang lainnya menggunakan konversi berat.
11)
Untuk memudahkan siswa dalam memahami konversi/perubahan
berat, guru menggunakan media tangga konversi berat.
12) Siswa mengukur berat badan lima orang teman
kemudian mengubah satuan berat tersebut ke satuan berat yang lain (sesuai
dengan kolom).
![]() |
13) Setelah siswa paham hubungan satuan berat kg
sampai mg, siswa memperhatikan penjelasan guru tentang satuan berat yang lain
1 ton = 1.000 kg
1 kuintal = 100 kg
1 ton = 10 kuintal
1 ons = 28,35 gram (bukan 100 g.)
1 Pon = 453 gram (bukan 500 g.
1 pon = 16 ons (bukan 5 ons)
14) Siswa membuat tangga konversi berat dari
kertas bufallo atau karton
![]() |
15) Dari tangga ini guru membuat pertanyaan 1 kg
= ……hg Siswa : 10 hg
16) Siswa mengerjakan tugas mengonversi satuan
berat teman-temannya yang ada pada tabel di atas.
17) Guru membuat pertanyaan lagi dengan beberapa
soal untuk di jawab bersama menggunakan panduan tangga konversi.
Contoh :
6 hg = ………dag
5 dag = ………mg
17 hg = ………cg
1000 g = ………hg
18) Setelah siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan
tersebut guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan meminta setiap
kelompok membuat 10 soal untuk konversi berat.
19) Soal yang telah dibuat kemudian ditukarkan ke
kelompok lain untuk dikerjakan oleh kolompok tersebut. Biasanya anak akan bisa
mengerjakan jika melihat tangga konversi tersebut dan jika media tangga itu
ditinggalkan anak sering kesulitan untuk mengurutkan setiap urutannya.
20) Dalam hal ini guru mengajarkan anak untuk
menghafalkan tangga konversi tersebut melalui sebuah lagu “Balonku Ada Lima”
yang liriknya diubah menjadi berikut : “Kilo, hekto, dam, gram
Desi, centi, dan mili
Itulah satuan berat
Harus kita hafalkan
Kalau turun dikali sepuluh
Kalau naik dibagi sepuluh”
2.
Dalam latihan berikut, cobalah anda ingat kembali mata pelajaran yang
anda ajarkan dikelas pada beberapa waktu terakhir ini. Pilih salah satu mata
pelajaran saja, kemudian tentukan 1 topik untuk anda ajarkan kepada siswa anda
! pilih media apa yang paling tepat untuk mengajarkan topik tersebut?
Jawaban
Saya akan mengajarkan tentang “Mengenal
Anggota Tubuh”.
Media pembelajaran yang paling tepat untuk
materi pembelajaran saya adalah metode Audio Visual dengan menggunakan media
pembelajaran seperti Bluetooth Speaker, Laptop dan Proyektor. Dimana siswa dan
melihat video pembelajaran secara langsung, kemudian mengikuti gerakan dan
menyanyikan lagu tentang anggota tubuh. Sehingga isi dari pembelajaran cepat
diterima oleh siswa dan pembelajaranpun menjadi menyenangkan.
JAWABAN TUGAS 1
IDIK4010 “ KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
HALAMAN 1.25
1.
Dalam kelompok belajar anda cobalah berlatih untuk mengerjakan tugas berikut
diskusikan dalam kelompok anda, media pembelajaran apa yang sesuai untuk
digunakan!
Jawaban
|
Kompetensi |
Materi |
Media Pembelajaran
yang Sesuai |
|
Mengenal
penggolongan hewan (siswa
kelas 3 SD) |
Penggolongan Hewan : Berdasarkan tempat
hidup |
·
Gambar ·
Alat peraga hewan ·
PPT Materi |
|
Mengenal
wilayah Indonesia (siswa
kelas 6 SD) |
Mengenali Pulau-Pulau yang ada di Indonesia |
·
Gambar Peta Pulau Indonesia ·
PPT Materi |
|
Membuat
karangan dalam bahasa inggris (siswa
kelas 6 SD) |
Holiday Mengidentifikasi pengalaman liburan |
·
Power Point ·
Laptop ·
Infocus ·
Audio speaker ·
Lembar Kerja Peserta Didik ·
Papan Tulis ·
Board marker |



Komentar
Posting Komentar