kunci jawaban UT MATA KULIAH IDIK4010 “ KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

 



JAWABAN TUGAS 1

IDIK4010 “ KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

HALAMAN 1.13



1.    Anda akan mengajarkan topik ukuran kepada siswa dikelas anda yang berjumlah 40 orang. Media apa yang paling tepat untuk membelajarkan siswa? Berikan urutan proses pembelajaran yang anda rancang untuk dalam mengajarkan topik tersebut?

Jawaban

Saya akan menggunakan media pembelajaran “”Tangga Pintar (Smart Stair), dan timbangan” untuk pembelajaran Pengukuran Berat.

Media Tangga Pintar merupakan media yang dibuat menyerupai tangga berbentuk 3 dimensi. Jonkenedi (2017) media tiga dimensi merupakan media yang cocok untuk meningkatkan keaktifan siswa karena penyajiannya konkret dan menghindari verbalisme, sehingga peserta didik akan aktif dalam proses pembelajaran.

Proses Pembelajran

1)    Guru terlebih dahulu menjelaskan rencana dan tujuan kegiatan pembelajaran.

2)    Kemudian guru menjelaskan tentang konsep konversi satuan berat kepada siswa.

3)    Siswa menimbang berat badan menggunakan timbangan berat badan.

4)    Setelah melakukan penimbangan berat badan, siswa ditanya berapa berat badannya. Tentunya mereka akan menjawab sesuai dengan beratnya masingmasing dengan melihat satuan (kg).

5)    Guru bertanya jawab dengan siswa.

6)    Anak-anak kita tadi sudah menimbang untuk, kira-kira itu untuk mengetahui apa? Apa satuan untuk menyatakan berat tadi? Dengan demikian siswa telah mengonstruksi pengetahuannya sendiri bahwa satuan dari berat adalah (kg).

7)    Selanjutnya guru menjelaskan cara menggunakan timbangan kue dengan menimbang beberapa kemasan barang dengan merk tertentu yang telah disiapkan seperti margarine, tepung terigu, dan taburan coklat untuk roti.

8)    Untuk memastikan bahwa siswa telah paham cara menggunakan timbangan, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan meminta beberapa siswa mendemostrasikan cara menimbang dan melihat ukuran berat secara langsung yang ditunjukkan oleh timbangan kue. tepung terigu 1 kg, margarine 200 gram, dan taburan coklat 100 gram).

9)    Karena banyak timbangan yang ada terbatas (2 buah), setiap kelompok bergantian untuk menggunakan timbangan sedangkan kelompok lain yang belum mendapat giliran diminta untuk memperhatikan kelompok yang sedang menimbang.. Siswa menyelidiki hubungan satuan berat gram dan kilogram. Aktivitas yang dimaksud adalah mengurutkan benda-benda berdasarkan ukuran berat dari yang paling berat ke yang paling ringan dan menemukan hubungan kg dan gram.

10) Siswa mengamati perbedaan satuan berat yang ada pada timbangan. Setelah itu guru mengenalkan kepada siswa terkait dengan satuan-satuan berat yang lainnya menggunakan konversi berat.

11) Untuk memudahkan siswa dalam memahami konversi/perubahan berat, guru menggunakan media tangga konversi berat.

 

 

 

 

 

12) Siswa mengukur berat badan lima orang teman kemudian mengubah satuan berat tersebut ke satuan berat yang lain (sesuai dengan kolom).

 

 

 

 

 

 


13) Setelah siswa paham hubungan satuan berat kg sampai mg, siswa memperhatikan penjelasan guru tentang satuan berat yang lain

1 ton = 1.000 kg

1 kuintal = 100 kg

1 ton = 10 kuintal

1 ons = 28,35 gram (bukan 100 g.)

1 Pon = 453 gram (bukan 500 g.

1 pon = 16 ons (bukan 5 ons)

14) Siswa membuat tangga konversi berat dari kertas bufallo atau karton

 

 

 

 

 

 

 

 


15) Dari tangga ini guru membuat pertanyaan 1 kg = ……hg Siswa : 10 hg

16) Siswa mengerjakan tugas mengonversi satuan berat teman-temannya yang ada pada tabel di atas.

17) Guru membuat pertanyaan lagi dengan beberapa soal untuk di jawab bersama menggunakan panduan tangga konversi.

Contoh :

6 hg = ………dag

5 dag = ………mg

17 hg = ………cg

1000 g = ………hg 

18) Setelah siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan meminta setiap kelompok membuat 10 soal untuk konversi berat.

19) Soal yang telah dibuat kemudian ditukarkan ke kelompok lain untuk dikerjakan oleh kolompok tersebut. Biasanya anak akan bisa mengerjakan jika melihat tangga konversi tersebut dan jika media tangga itu ditinggalkan anak sering kesulitan untuk mengurutkan setiap urutannya.

20) Dalam hal ini guru mengajarkan anak untuk menghafalkan tangga konversi tersebut melalui sebuah lagu “Balonku Ada Lima” yang liriknya diubah menjadi berikut : “Kilo, hekto, dam, gram

Desi, centi, dan mili

Itulah satuan berat

Harus kita hafalkan

Kalau turun dikali sepuluh

Kalau naik dibagi sepuluh”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.    Dalam latihan berikut, cobalah anda ingat kembali mata pelajaran yang anda ajarkan dikelas pada beberapa waktu terakhir ini. Pilih salah satu mata pelajaran saja, kemudian tentukan 1 topik untuk anda ajarkan kepada siswa anda ! pilih media apa yang paling tepat untuk mengajarkan topik tersebut?

Jawaban

Saya akan mengajarkan tentang “Mengenal Anggota Tubuh”.

Media pembelajaran yang paling tepat untuk materi pembelajaran saya adalah metode Audio Visual dengan menggunakan media pembelajaran seperti Bluetooth Speaker, Laptop dan Proyektor. Dimana siswa dan melihat video pembelajaran secara langsung, kemudian mengikuti gerakan dan menyanyikan lagu tentang anggota tubuh. Sehingga isi dari pembelajaran cepat diterima oleh siswa dan pembelajaranpun menjadi menyenangkan.

 

JAWABAN TUGAS 1

IDIK4010 “ KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

HALAMAN 1.25

 

 

1.    Dalam kelompok belajar anda cobalah berlatih untuk mengerjakan tugas berikut diskusikan dalam kelompok anda, media pembelajaran apa yang sesuai untuk digunakan!

Jawaban

Kompetensi

Materi

Media Pembelajaran yang Sesuai

Mengenal penggolongan hewan

(siswa kelas 3 SD)

Penggolongan Hewan : Berdasarkan tempat hidup

·         Gambar

·         Alat peraga hewan

·         PPT Materi

Mengenal wilayah Indonesia

(siswa kelas 6 SD)

Mengenali Pulau-Pulau yang ada di Indonesia

·         Gambar Peta Pulau Indonesia

·         PPT Materi

Membuat karangan dalam bahasa inggris

(siswa kelas 6 SD)

 Holiday

Mengidentifikasi pengalaman liburan

·         Power Point

·         Laptop

·         Infocus

·         Audio speaker

·         Lembar Kerja Peserta Didik

·         Papan Tulis

·         Board marker

 


Komentar